Media Komunikasi Informasi dan Dakwah --- Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Minggir -- Fastabiqul Khairat .

Label

Minggu, 25 Januari 2009

SUSAHNYA MENGUCAP BISMILLAH…

Bismillah sudah kuucapkan

Bila aku mulai kerjakan

Setiap amal dan perbuatan

Itulah kawan, nabi ajarkan

Lirik lagu tersebut barangkali telah akrab di telinga kita.Tetapi betapa susahnya mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal dengan membaca Bismillah, bisa mengubah apa yang mubah menjadi bernilai ibadah. Dari Jabir, Rasulullah Saw., bersabda, “Ketika seseorang masuk ke rumahnya membaca basmalah, dan sewaktu ia makan, maka syaitan-syaitan saling mengomel di antara sesamanya, ‘Kalian tidak berhak menempati rumah ini dan tidak pula makanan di sini.’ Dan ketika seseorang masuk rumahnya tanpa menyebut asma Allah, maka syaitan berkata, ‘Kalian bebas menetap di urmah ini.’ Demikian pula ketika orang itu bersantap tanpa membaca basmalah, maka syaitan berkata, ‘Kalian berhak menetap dan makan secara bebas di rumah ini.” (HR. Muslim)

Sebaliknya tanpa bsimillah, tanpa menyebut nama Allah, bisa mengubah apa yang halal menjadi haram. “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah…” (An Nahl [16]: 115)

Membaca basmalah adalah bagian dari akhlak. Sesuatu yang muncul secara spontan. Tidak memerlukan perenungan panjang. Apalagi direkayasa. Ia muncul tiba-tiba. Tetapi akhlak dapat kita latih, dapat kita ubah dengan memaksa diri melakukannya, mula-mula karena terpaksa dan akhirnya menjadi biasa.

Untuk itu, bacalah basmalah, yang akan menuntun pekerjaan menjadi mudah, berpahala dan penuh berkah.

Ah, jangan-jangan saya sendiri mengawali tulisan ini tanpa membaca bismillah…

2 komentar:

  1. agar blog anda dapat dicari dmelalui Search engine Google,daftarkan URL blog andake situs pencarian google,begini carane
    ketik alamat wwww.google.com/addurl/
    ikuti langkah2 yg ada.

    BalasHapus

Melebarkan Sayap

Bagi para pembaca yang ingin berpartisipasi dalam penerbitan Buletin Al-Fajr ini baik berupa iklan, donasi, artikel, saran dan kritik dapat menghubungi alamat redaksi.
Akhirul kalam, Selamat membaca !!!
(Atau E-mail ke: alfajr@telkom.net / mrperie@yahoo.com)