Media Komunikasi Informasi dan Dakwah --- Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Minggir -- Fastabiqul Khairat .

Label

Minggu, 25 Januari 2009

Potret Kegigihan Ulama Zaman Dahulu dalam Menuntut Ilmu

Para Imam penyusun Kitab Hadits memiliki beberapa kelebihan berupa kekuatan niat, keikhlasan, kesungguhan dan kerja keras dalam mengabdikan diri kepada Allah swt. sebagai pelayan ummat. Sikap hidup demikian merupakan teladan sisi ketakwaan berupa pengorbanan sepanjang usia hayat, pencurahan kepandaian, ketekunan dan ketelitian yang tidak mengenal ujung batas sejauh Allah swt. masih mencurahkan rahmat kesehatan jasmani dan pemahaman nilai ukhrawi. Betapa besar manfaat yang dianugerahkan kepada ummat Islam atas kehadiran mereka yang memperkuat cahaya Sunnah Rasulullah saw., yang mempermudah dan menyeragamkan ibadah, yang mengajarkan hikmah kebenaran, yang menghilangkan keraguan penerapan nilai-nilai agama sebagai jalan hidup menuju ridha dan maghfirahNya.

Kumpulan kitab hadits mereka dikenal sebagai Al-Kutub As-Sittah (Kitab yang Enam) terdiri dari Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan At-Tirmizi, Sunan An-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, disamping Muwaththa’ Imam Malik.

Imam Bukhari banyak melawat ke tempat-tempat yang jauh untuk mengumpulkan dan mempelajari hadits Rasulullah saw. dan mengetahui latar belakang orang-orang yang meriwayatknnya. Daerah-daerah yang dikunjunginya adalah Syam (Suriah), Mesir dan Aljazair masing-masing dua kali, ke Basra empat kali, menetap di Makkah dan Madinah selama enam tahun, berulang kali ke Kufah dan Baghdad. Dari hasil kunjungannya tersebut Imam Bukhari berhasil mengumpulkan 600.000 hadits, dimana sebanyak 300.000 hadits berhasil dihafalnya di luar kepala, yang terdiri dari hadits shahih dan tidak shahih.

Sementera Imam Muslim yang memiliki kepribadian yang patut diteladani yakni wara’ (menjauhi hal-hal yang syubhat atau meragukan), zuhud (tidak berorientasi pada kemegahan duniawi dan kekayaan bendawi), tawadhu’ dan ikhlas, yang didukung oleh kecerdasan luar biasa, ketekunan dan kemauan belajar yang kuat.

Sebagaimana yang dilakukan Imam Bukhari, beliau juga menulis banyak kitab yang dijadikan sumber atau referensi penulis-penulis sesudahnya, dan yang paling terkenal adalah Kitab al Jami’ as Shahih Muslim yang lebih dikenal sebagai Shahih Muslim, yang menurut salah seorang Guru Besar Universitas Damsyik didalamnya termuat 3030 hadits tanpa pengulangan atau 10.000 hadits dengan pengulangan. Hadits sebanyak ini sudah merupakan saringan dari 300.000 hadits yang diperolehnya selama masa pengumpulan, dan untuk menyeleksinya Imam Muslim menghabiskan waktu selama lima belas tahun.

1 komentar:

  1. agar blog anda dapat dicari dmelalui Search engine Google,daftarkan URL blog andake situs pencarian google,begini carane
    ketik alamat wwww.google.com/addurl/
    ikuti langkah2 yg ada.

    BalasHapus

Melebarkan Sayap

Bagi para pembaca yang ingin berpartisipasi dalam penerbitan Buletin Al-Fajr ini baik berupa iklan, donasi, artikel, saran dan kritik dapat menghubungi alamat redaksi.
Akhirul kalam, Selamat membaca !!!
(Atau E-mail ke: alfajr@telkom.net / mrperie@yahoo.com)