Media Komunikasi Informasi dan Dakwah --- Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Minggir -- Fastabiqul Khairat .

Label

Minggu, 25 Januari 2009

KREDIT TANPA BUNGA, TANPA AGUNAN DAN TANPA MACET

Kemiskinan adalah bencana. Karena itulah tidak ada seorangpun di dunia ini sengaja ingin menjadi miskin. Oleh sebab itu, manusia menggunakan berbagai macam cara agar terhindar darinya, salah satunya adalah dengan melaksanakan program kredit.

Program kredit atau pinjaman dapat mempunyai dua sisi. Salah satunya adalah sisi yang menguntungkan dan sisi lainnya merugikan. Sisi yang menguntungkan bila modal dari kredit diputarkan dan memperoleh hasil. Sisi yang merugikan bila modal diputarkan tetapi hasilnya malah merugi, kemudian kredit menjadi macet, agunan disita oleh pemberi kredit (kreditur) dan sisa hutang masih menumpuk belum terlunasi.

Pada rakyat kecil kreditur jarang bersedia memberikan pinjaman. Hal ini disebabkan rakyat kecil umumnya tidak memiliki agunan yang disyaratkan. Padahal kreditur tidak mau mengalami resiko kerugian bila kredit macet. Oleh sebab itulah perlu dikembangkan adanya program kredit khusus untuk rakyat kecil. Kredit ini haruslah bersifat tanpa bunga, tanpa agunan dan tentu saja tanpa macet.

Oleh : Susilowati, A.Md.

1 komentar:

Melebarkan Sayap

Bagi para pembaca yang ingin berpartisipasi dalam penerbitan Buletin Al-Fajr ini baik berupa iklan, donasi, artikel, saran dan kritik dapat menghubungi alamat redaksi.
Akhirul kalam, Selamat membaca !!!
(Atau E-mail ke: alfajr@telkom.net / mrperie@yahoo.com)